Pemuda Silampari: Pada refleksi dwimingguan Lokakarya 5

Pada refleksi dwimingguan Lokakarya 5

Pada refleksi dwimingguan ini yaitu Lokakarya 5 membahas tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid oleh Afriyadi M CGP Angkatan 6 Kota Lubuklinggau akan merefleksikan dengan menggunakan model 4 F (Fact, Feeling, Finding dan Future).

Fact (Peristiwa) 

Pada lokakarya 5 ini yang di selenggarakan pada SMP 4 Lubuk Linggau saya dan rekan CGP lain melakukan  aktivitas yang sangat luar biasa dan sangat berkesan kami juga mendapatkan Pemahaman yang  bermakna yaitu Menjalankan tahapan inkuiri apresiatif (BAGJA) dimana Guru Penggerak dalam merancang program berorientasi pada kepemimpinan murid (student agency) dengan mengoptimalkan aset yang dimiliki sekolah. Lalu, pada kegiatan lokakarya 5 CGP menghasilkan produk yang dihasilkan, diantaranya: 

    • Rencana tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan), A (Ambil pelajaran), dan G (Gali mimpi) dari tahapan BAGJA untuk merancang program yang berpihak pada murid.  Secara berkelompok
    • Strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi. secara berkelompok
    • Rencana program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. secara individu lalu ditempelkan pada stand yang sudah disediakan lalu CGP lain memberikan masukkan, tanggapan dan pertanyaan

Feeling ( Perasaan ) 

perasaan saya setelah mengikuti lokakarya 5 ini adalah sangat senang karena dapat menambah ilmu dan wawasan serta mindset saya sebagai seorang pendidik bahwasanya murid hendaknya diberikan kesempatan untuk mengembangkan kapasitasnya, minat dan bakatnya dalam mengelola pembelajarannya sendiri sehingga potensi kepemimpinannya berkembang lebih baik serta memperdalam lagi tentang pemahaman BAGJA.

Finding ( Pembelajaran )

Pada mengikuti Lokakarya 5 ini banyak seekali pembelajaran yang saya peroleh antara lain pengelolaan program yang berdampak positif pada murid. Kepemimpinan murid ( student Agency ) merupakan suatu kondisi dimana murid mampu menjadi pemimpin dalam pembelajaran sendiri. Pada saat murid mampu menjadi pemimpin dalam pembelajarannya sendiri maka mereka sebenarnya memiliki suara ( voice ), pilihan ( choice) dan kepemilikan ( ownership). kegiatan lokakarya 5 CGP menghasilkan produk yang dihasilkan, diantaranya, Rencana tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan), A (Ambil pelajaran), dan G (Gali mimpi) dari tahapan BAGJA untuk merancang program yang berpihak pada murid.  Secara berkelompok, strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi. secara berkelompok, rencana program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. secara individu lalu ditempelkan pada stand yang sudah disediakan lalu CGP lain memberikan masukkan, tanggapan dan pertanyaan.

Future ( Penerapan )

Setelah mengikuti Lokakarya 5 ini, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkan pengelolaan program /kegiatan yang berdampak positif pada murid. Di sekolah dan khususnya di kelas, saya akan mendengarkan suara, pilihan dan kepemilikan murid untuk menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Selain itu akan mencoba menerapkan praktik baik kepada rekan sejawat yang ada di sekolah agar berkolaborasi dalam mengelola program yang telah disepakati. serta menajalankan program yang telah dibuat.

No comments:

Post a Comment