BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Belajar merupakan
proses aktif yang dilakukan oleh peserta didik dalam rangka membangun
pengetahuannya. Belajar bukanlah proses pasif yang hanya menerima pengetahuan
dari guru atau sumber-sumber lain. Jika pembelajaran tidak memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif maka pembelajaran tersebut
bertentangan dengan hakikat belajar. Peran aktif peserta didik dalam proses
pembelajaran sangat diperlukan karena ia merupakan subyek utama dalam proses
pembelajaran.
Pembelajaran
berhubungan dengan bagaimana membelajarkan peserta didik atau bagaimana membuat
peserta didik dapat belajar dengan mudah dan munculnya motivasi para peserta
didik untuk mempelajari pelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dalam pembelajaran,
bagi para praktisi pendidikan dituntut mengembangkan berbagai metode dan
strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran, sehingga dapat tercapai secara
efektif, efisien dan menyenangkan.
- Rumusan Masalah
Didalam makalah ini, penulis merumuskan masalah
sebagai berikut :
1.
Apa
pengertian Belajar dan Pembelajaran?
2.
Apa
saja unsur-unsur belajar dan pembelajaran?
3.
Apa
saja tujuan belajar dan pembelajaran?
- Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di dalam makalah ini maka,
penulis makalah memiliki tujuan :
1. Untuk mengetahui apa pengertian Belajar
dan Pembelajaran.
2. Untuk mengetahui apa saja unsur-unsur
belajar dan pembelajaran.
3. Untuk mengetahui apa saja tujuan belajar
dan pembelajaran.
- Manfaat
Manfaat dari makalah ini, yaitu :
1. Mengetahui apa pengertian Belajar dan
Pembelajaran.
2. Mengetahui apa saja unsur-unsur belajar
dan pembelajaran.
3. Mengetahui apa saja tujuan belajar dan
pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
- Hakekat Belajar dan Pembelajaran
1. Pengertian Belajar
Menurut Abdillah (2002) bahwa belajar
adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah
laku baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif,
afektif, dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.
Sedangkan Menurut WINKEL Belajar adalah suatu aktivitas mental
atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang
menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, dan
sikap-sikap.
Dengan demikian dapat disimpulkan Belajar
adalah perubahan tingkah laku pada individu-individu yang belajar. Perubahan
itu tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga
berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak,
penyesuaian diri. Jadi, dapat dikatakan bahwa belajar itu sebagai rangkaian
kegiatan jiwa raga yang menuju perkembangan pribadi manusia seutuhnya.
2. Pengertian Pembelajaran
Menurut Darsono (2002: 24-25) menjelaskan
pengertian pembelajaran sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa berubah kearah yang lebih
baik.
Sedangankan Arikunto (1993: 12)
mengemukakan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang mengandung terjadinya
proses penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap oleh subjek yang sedang
belajar. Lebih lanjut Arikunto mengemukakan bahwa pembelajaran adalah bantuan
pendidikan kepada anak didik agar mencapai kedewasaan di bidang pengetahuan,
keterampilan dan sikap.
Menurut kelompok kami pembelajaran adalah suatu proses kegiatan yang mengandung penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap
oleh subjek yang sedang belajar.
3. Pengertian Belajar dan Pembelajaran
Belajar dan Pembelajaran adalah Kegiatan
individu yang kompleks dimana semuanya memerlukan suatu proses dan menghasilkan
suatu perubahan perilaku dari penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga
berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak,
penyesuaian diri.
- Unsur Unsur Belajar dan Pembelajaran
1.
Unsur dinamis belajar dan pembelajaran
Berikut ini di
sajikan kemampuan Dasar Guru Khusus S1, Kependidikan :
a. Menguasai bahan
1). Menguasai bahan bidang studi dalam
kurikulum sekolah
2). Menguasai bahan pengayaan/ penunjang
bidang studi
b.Mengelola program belajar-mengajar
1).
Merumuskan
tujuan intruksional
2).
Mengenal
dan dapat menggunalkan prosedur instrusional yang tepat
3).
Melaksanakan
program belajar mengajar
4).
Mengenal
kemampuan peserta didik
5).
Merencanakan
dan melaksanakan pengajaran remedial
c. Mengelola kelas
1). Mengatur tata ruang kelas untuk pengajaran
2). Menciptakan iklim belajar mngajar yang
serasi
d.
Penggunaan
media/sumber
1).
Mengenal,
memilih dan menggunakan media
2).
Membuat
alat-alat bantu pelajaran sederhana
3).
Menggunakan
dan mengelola laboratorium dalam rangka proses belajar mengajar
4).
Menggunakan
perpustakaan dalam proses belajar mengajar
- Tujuan Belajar dan Pembelajaran
Tujuan belajar
menurut Sukandi (1983: 18) adalah untuk mengadakan perubahan tingkah laku dan
perbuatan. Perubahan itu dapat dinyatakan sebagai suatu kecakapan keterampilan,
kebiasaan, sikap, pengertian, sebagai pengetahuan atau penerimaan dan
penghargaan.
Sedangkan Surakhmat
(1986) mengatakan bahwa tujuan belajar adalah untuk mengumpulkan pengetahuan, penanaman konsep dan
pengetahuan, dan pembentukan sikap dan perbuatan.
Jadi tujuan belajar
menurut kelompok kami adalah untuk perubahan tingkah laku
dan perbuatan pada individu-individu yang belajar. Tujuan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi perubahan
tingkah laku dari individu setelah individu tersebut melaksanakan proses
belajar. Melalui belajar diharapkan dapat terjadi perubahan (peningkatan) bukan
hanya pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek lainnya. Perubahan itu dapat dinyatakan
sebagai suatu kecakapan keterampilan, kebiasaan, sikap, pengertian, sebagai
pengetahuan atau penerimaan dan penghargaan.
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Belajar adalah perubahan tingkah laku pada
individu-individu yang belajar. Perubahan itu tidak hanya berkaitan dengan
penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berbentuk kecakapan, keterampilan,
sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, penyesuaian diri. Jadi, dapat
dikatakan bahwa belajar itu sebagai rangkaian kegiatan jiwa raga yang menuju
perkembangan pribadi manusia seutuhnya.
Pembelajaran adalah suatu proses
kegiatan yang mengandung
penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap oleh subjek yang sedang belajar.
Belajar dan Pembelajaran adalah Kegiatan
individu yang kompleks dimana semuanya memerlukan suatu proses dan menghasilkan
suatu perubahan perilaku dari penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga
berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak,
penyesuaian diri.
Berikut ini di sajikan kemampuan Dasar
Guru Khusus S1, Kependidikan :
a. Menguasai bahan
b.Mengelola program belajar-mengajar
c. Mengelola kelas
d.
Penggunaan
media/sumber
Tujuan belajar
menurut kelompok kami adalah untuk perubahan tingkah laku
dan perbuatan pada individu-individu yang belajar. Tujuan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi perubahan
tingkah laku dari individu setelah individu tersebut melaksanakan proses
belajar. Melalui belajar diharapkan dapat terjadi perubahan (peningkatan) bukan
hanya pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek lainnya. Perubahan itu dapat dinyatakan
sebagai suatu kecakapan keterampilan, kebiasaan, sikap, pengertian, sebagai
pengetahuan atau penerimaan dan penghargaan.
B.
Saran
Bagi calon
guru hendaknya mampu memahami dan menerapakan
konsep dasar belajar dan pembelajaran serta tujuan dari belajar dan
pembelajaran sehingga peserta didik dapat belajar dalam kondisi pembelajaran
yang efektif.
Demikian makalah yang
kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan kritik
yang ingin di sampaikan, Silahkan sampaikan kepada kami.Apabila ada terdapat
kesalahan mohon dapat memaafkan dan memakluminya, karena kami adalah hamba
Allah yang tak luput dari salah khilaf, Alfa dan lupa.
Wabillah Taufik Walhidayah
Wabillah Taufik Walhidayah
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
DAFTAR PUSTAKA
Dimyati, Dr, Mudjiono, Drs (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.
Rineka Cipta.
Ratumanan, Tanwey, Gerson, Drs., M.Pd. (2002). Belajar
dan Pembelajaran. Surabaya. Unesa University Press.
Sagala, Syaiful, DR.,H.,M.Pd. (2008). Konsep dan
Makna Pembelajaran. Jakarta. Alfabeta Bandung.