Pemuda Silampari: Jurnal Refleksi Mingguan Modul 3.1 tentang kegiatan Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Jurnal Refleksi Mingguan Modul 3.1 tentang kegiatan Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

 

Jurnal Refleksi Mingguan Modul 3.1 tentang kegiatan Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin Oleh Afriyadi M Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 6 dari Kota Lubuklinggau Menggunakan Model 4F

Facts (Peristiwa)

Pada minggu ini kita memasuki pembelajaran paket modul 3 dimulai dengan modul 3.1 yang membahas tentang “ pengembalian keputusan sebagai pemimpin pembelajaran”  materi pada Modul 3.1  ini adalah hal yang baru saya pelajari dan tentu ini merupakan informasi penting yang dapat menambah pengetahuan saya sebagai guru di sekolah. di mana dalam rangkaian kegiatan pembelajaran pada modul ini diantaranya mulai dari diri, eksplorasi konsep,  ruang kolaborasi kelompok dan presentasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman koneksi antar materi dan aksi nyata.

Banyak pengalaman dan pembelajaran yang baru dapat di awal pembelajaran modul ini kesulitan yang saya hadapi diantaranya saya kesulitan memahami isi dari modul 3.1 ini tetapi dengan bantuan fasilitator dan rekan-rekan cgv lainnya membaca sumber-sumber yang ada demi sedikit saya mulai memahami alur dari isi modul ini.


Feelings (Perasaan)

Perasaan saya saat mempelajari modul ini yaitu merasa tertantang untuk dapat mempelajari lebih dalam lagi agar dapat memahami isi modul dengan lebih baik karena ini masih di proses mulai dari diri sampai eksplorasi konsep saya juga masih  bingung mungkin pada saat diskusi kelompok nanti bisa menambah penjelasan yang lebih lengkap lagi dari rekan sejawat maupun fasilitator dan akhirnya dapat memperbaiki pemahaman saya pada pembelajaran modul 3.1 ini.


Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya pelajari pada modul ini diantaranya

1.      Membedakan Dilema etika Dilema dengan bujukan moral mengidentifikasi jenis-jenis Dilema berdasarkan 4 paradigma.

2.      Memahami 4 paradigma Dilema etika yang membuat inferensi atau kesimpulan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

3.      Menyadari bahwa pada diri kita sudah tertanam prinsip-prinsip tanpa kita menyadari yang akhirnya menentukan kecenderungan seseorang dalam mengambil keputusan.

4.      Mempertanyakan pemahaman tentang prinsip pengambilan forum diskusi langkah-langkah pengambilan dan pengujian keputusan menerapkan 9 langkah-langkah pengambilan dan pengujian keputusan dalam situasi Dilema etika yang dihadapi seseorang serta mendiskusikan langkah pengambilan dan pengujian tersebut.

 


Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul ini walaupun baru mempelajari mudali dari diri dan eksplorasi konsep yang berisi tentang pembahasan akan fokus kepada keterampilan seseorang pemimpin dalam  mengemban salah satu perannya yaitu mengambil suatu keputusan, khususnya pada kasus-kasus yang berkaitan dengan nilai-nilai kebajikan atau etika, saya akan mulai mencoba menerapkan langkah-langkah pengembalian dan pengujian keputusan dengan  menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan dalam situasi Dilema etika yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah. Selain itu pengalaman dalam pembelajaran pada modul ini juga tentunya dapat saya terapkan kepada rekan kerja saya di lingkungan sekolah yaitu pada kasus-kasus yang mengandung nilai etika untuk dapat menemukan keputusan yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah. 

 

No comments:

Post a Comment