Pemuda Silampari: Makalah Belajar dan Pembelajaran

Makalah Belajar dan Pembelajaran

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Belajar merupakan proses aktif yang dilakukan oleh peserta didik dalam rangka membangun pengetahuannya. Belajar bukanlah proses pasif yang hanya menerima pengetahuan dari guru atau sumber-sumber lain. Jika pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif maka pembelajaran tersebut bertentangan dengan hakikat belajar. Peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran sangat diperlukan karena ia merupakan subyek utama dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran berhubungan dengan bagaimana membelajarkan peserta didik atau bagaimana membuat peserta didik dapat belajar dengan mudah dan munculnya motivasi para peserta didik untuk mempelajari pelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dalam pembelajaran, bagi para praktisi pendidikan dituntut mengembangkan berbagai metode dan strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran, sehingga dapat tercapai secara efektif, efisien dan menyenangkan.


  1. Rumusan Masalah

Didalam makalah ini, penulis merumuskan masalah sebagai berikut :

1.      Apa pengertian Belajar dan Pembelajaran?
2.      Apa saja unsur-unsur belajar dan pembelajaran?
3.      Apa saja tujuan belajar dan pembelajaran?


  1. Tujuan

Berdasarkan  rumusan masalah di dalam makalah ini maka, penulis makalah memiliki tujuan :

1.      Untuk mengetahui apa pengertian Belajar dan Pembelajaran.
2.      Untuk mengetahui apa saja unsur-unsur belajar dan pembelajaran.
3.      Untuk mengetahui apa saja tujuan belajar dan pembelajaran.

  1. Manfaat

Manfaat dari makalah ini, yaitu :

1.      Mengetahui apa pengertian Belajar dan Pembelajaran.
2.      Mengetahui apa saja unsur-unsur belajar dan pembelajaran.
3.      Mengetahui apa saja tujuan belajar dan pembelajaran.

BAB II
PEMBAHASAN

  1. Hakekat Belajar dan Pembelajaran

1.      Pengertian Belajar

Menurut Abdillah (2002) bahwa belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.

Sedangkan Menurut  WINKEL Belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, dan sikap-sikap.

Dengan demikian dapat disimpulkan Belajar adalah perubahan tingkah laku pada individu-individu yang belajar. Perubahan itu tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, penyesuaian diri. Jadi, dapat dikatakan bahwa belajar itu sebagai rangkaian kegiatan jiwa raga yang menuju perkembangan pribadi manusia seutuhnya.

2.      Pengertian Pembelajaran

Menurut Darsono (2002: 24-25) menjelaskan pengertian pembelajaran sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa berubah kearah yang lebih baik.

Sedangankan Arikunto (1993: 12) mengemukakan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang mengandung terjadinya proses penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap oleh subjek yang sedang belajar. Lebih lanjut Arikunto mengemukakan bahwa pembelajaran adalah bantuan pendidikan kepada anak didik agar mencapai kedewasaan di bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Menurut kelompok kami pembelajaran adalah suatu proses kegiatan yang mengandung penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap oleh subjek yang sedang belajar.

3.      Pengertian Belajar dan Pembelajaran

Belajar dan Pembelajaran adalah Kegiatan individu yang kompleks dimana semuanya memerlukan suatu proses dan menghasilkan suatu perubahan perilaku dari penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, penyesuaian diri.

  1. Unsur Unsur Belajar dan Pembelajaran

1.      Unsur dinamis belajar dan pembelajaran

Berikut ini di sajikan kemampuan Dasar Guru Khusus S1, Kependidikan :

a.    Menguasai bahan
1).    Menguasai bahan bidang studi dalam kurikulum sekolah
2).    Menguasai bahan pengayaan/ penunjang bidang studi

b.Mengelola program belajar-mengajar
1).    Merumuskan tujuan intruksional
2).    Mengenal dan dapat menggunalkan prosedur instrusional yang tepat
3).    Melaksanakan program belajar mengajar
4).    Mengenal kemampuan peserta didik
5).    Merencanakan dan melaksanakan pengajaran remedial

c.    Mengelola kelas
1).    Mengatur tata ruang kelas untuk pengajaran
2).    Menciptakan iklim belajar mngajar yang serasi

d.      Penggunaan media/sumber
1).    Mengenal, memilih dan menggunakan media
2).    Membuat alat-alat bantu pelajaran sederhana
3).    Menggunakan dan mengelola laboratorium dalam rangka proses belajar mengajar
4).    Menggunakan perpustakaan dalam proses belajar mengajar

  1. Tujuan Belajar dan Pembelajaran

Tujuan belajar menurut Sukandi (1983: 18) adalah untuk mengadakan perubahan tingkah laku dan perbuatan. Perubahan itu dapat dinyatakan sebagai suatu kecakapan keterampilan, kebiasaan, sikap, pengertian, sebagai pengetahuan atau penerimaan dan penghargaan.
Sedangkan Surakhmat (1986) mengatakan bahwa tujuan belajar adalah untuk  mengumpulkan pengetahuan, penanaman konsep dan pengetahuan, dan pembentukan sikap dan perbuatan.
Jadi tujuan belajar menurut kelompok kami adalah untuk perubahan tingkah laku dan perbuatan pada individu-individu yang belajar. Tujuan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi perubahan tingkah laku dari individu setelah individu tersebut melaksanakan proses belajar. Melalui belajar diharapkan dapat terjadi perubahan (peningkatan) bukan hanya pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek lainnya. Perubahan itu dapat dinyatakan sebagai suatu kecakapan keterampilan, kebiasaan, sikap, pengertian, sebagai pengetahuan atau penerimaan dan penghargaan.

BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan

Belajar adalah perubahan tingkah laku pada individu-individu yang belajar. Perubahan itu tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, penyesuaian diri. Jadi, dapat dikatakan bahwa belajar itu sebagai rangkaian kegiatan jiwa raga yang menuju perkembangan pribadi manusia seutuhnya.

Pembelajaran adalah suatu proses kegiatan yang mengandung penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap oleh subjek yang sedang belajar.

Belajar dan Pembelajaran adalah Kegiatan individu yang kompleks dimana semuanya memerlukan suatu proses dan menghasilkan suatu perubahan perilaku dari penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, penyesuaian diri.

Berikut ini di sajikan kemampuan Dasar Guru Khusus S1, Kependidikan :
a. Menguasai bahan
b.Mengelola program belajar-mengajar
c. Mengelola kelas
d.      Penggunaan media/sumber

Tujuan belajar menurut kelompok kami adalah untuk perubahan tingkah laku dan perbuatan pada individu-individu yang belajar. Tujuan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi perubahan tingkah laku dari individu setelah individu tersebut melaksanakan proses belajar. Melalui belajar diharapkan dapat terjadi perubahan (peningkatan) bukan hanya pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek lainnya. Perubahan itu dapat dinyatakan sebagai suatu kecakapan keterampilan, kebiasaan, sikap, pengertian, sebagai pengetahuan atau penerimaan dan penghargaan.

B.     Saran

Bagi calon guru hendaknya mampu memahami dan menerapakan konsep dasar belajar dan pembelajaran serta tujuan dari belajar dan pembelajaran sehingga peserta didik dapat belajar dalam kondisi pembelajaran yang efektif. 

Demikian makalah yang kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan kritik yang ingin di sampaikan, Silahkan sampaikan kepada kami.Apabila ada terdapat kesalahan mohon dapat memaafkan dan memakluminya, karena kami adalah hamba Allah yang tak luput dari salah khilaf, Alfa dan lupa.

Wabillah Taufik Walhidayah
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

DAFTAR PUSTAKA

Dimyati, Dr, Mudjiono, Drs (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Ratumanan, Tanwey, Gerson, Drs., M.Pd. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya. Unesa University Press.
Sagala, Syaiful, DR.,H.,M.Pd. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta. Alfabeta Bandung.





     


No comments:

Post a Comment