Pemuda Silampari: Belajar SEO Untuk Pemula Terbaik

Belajar SEO Untuk Pemula Terbaik

SEO itu apa sih? Mungkin buat kalian yang baru-baru bloging agak bingung ya, wajar  saya juga pas pertama ngeblog gak ngerti dan gak peduli sama yang namanya SEO. Setelah lama kelamaan saya mikir kenapa blog saya sedikit banget pengunjungnya dan gak bisa muncul di halaman pertama mesin pencari ( om Google ). Akhirnya saya browsing buat cari tau dan akhirnya ketemu juga ternyata faktor utamanya adalah SEO .

SEO itu kalo di bahasa kita adalah optimasi mesin pencari yang fungsinya ngoptimalin dan ningkatin jumlah dan kualitas pengunjung blog atau situs kita dari mesin pencari dan tujuan akhirnya nanti blog atau situs kalian bakal ada di halaman pertama mesin pencari. Kalo udah nongol di halaman utama kan peluang buat dikunjungi semakin besar  jadi blog Kalian bakal rame.

Terus gimana caranya biar blog atau situs kita jadi SEO?. saya share sedikit tips yang paling penting buat SEO  silahkan disimak.



Tips SEO Untuk Pemula


1. Konten atau Postin ( Asli dan Menarik )


Dari pengalaman saya dan beberapa temen webmaster handal, konten ini jadi faktor utama . Mesin pencari khusunya om Google seneng sama yang namanya konten. saya saranin buat konten yang menarik dan memberikan banyak informasi buat pengunjung blog atau situs kalian. Terus konten yang l Kalian buat harus relevan sama blog atau situs kalian, misal blog kalian tentang masakan terus kalian buat postin tentang SEO kan gak nyambung dan peluang buat postin kalian bakal ada di halaman utama dibawah 50%.

Usahain buat konten yang ada kaitanya sama kata kunci yang pengen kalian optimalin . Jan buat postin cuma ndalin copy paste. Kalo kalian pengen copas usahain isi link back dari mana kalian copas tu konten .

Yang terakhir tetep update postin kalian minimal 1 postin setiap bulan, lebih sering lebih baik .


2. Judul ( Title Tag )


Judul ini sangat penting  karena dari judul bisa memberi tau si mesin pencari ato pengunjung tentang isi postin kalian. Jadi buat judul yang menarik dan relevan sama isi postin dan berisi kata kunci yang mau di optimalkan. Usahain buat judul gak lebih dari 70 karakter .

Title tag ada banyak dari h1 sampai h6 tapi saya saranin jan pake h4, h5 dan h6 di postin . Terus untuk h1 nya usahain cuma ada 1 buat fokusin si mesin pencari ke postin kalian.

3. Link Antar Halaman ( Internal Link )


Link antar halaman harus ada di setiap postin buat ningkatin posisi postin blog atau situs kalian di mesin pencari juga buat ngemudahin pengunjung pindah ke halaman posting yang lainnya . Usahakan buat link antar halaman yang relevan , misal postin tentang makanan buat linknya juga ke postin yang ada konten makanannya.

Meta description harus ada di setiap postin  biar mesin pencari tau postin kalian dan ningkatin posisi di halaman pencarian. Di Blogger caranya gampang setiap buat postin inget di isi kotak kososng Search Description di samping kanan . Kalo di Woedpress udah ada fitur di pluginya, jadi tinggal di isi aja. Inget deskripsinya gak boleh lebih dari 160 karakter .


4. Backlink

  
Backlink ini cara buat mengoptimalkan SEO secara off page . Setiap webmaster pasti pake cara ini walaupun prosesnya bakal lambat dalam mengoptimalin SEO. Gimana caranya dapet backlink? Banyak cara yang bisa kalian lakuin  di antaranya :


1.  Submit blog atau situs kalian ke blog/website directory. Sebelum kalian submit blog atau situs kalian cek dulu apa blog/website directory tersebut legal apa gak .Tempat submit blog yang paling terkenal dmoz .
2.  Sering-sering berkomentar di forum atau blog orang lain  gak masalah walupun di isi nofollow siapa tau salah satu pengunjung forum atau blog tersebut ngeklik link kalian kan nambah jumlah pengunjung blog .
3.    Buat postin unik dan menarik biar ada pengunjung yang ngelink back ke postin kalian.
4.    Tukeran link , sekedar info banyak webmaster melarang cara ini karena gak baik buat SEO dan bisa kena hukum Google. Tapi buat saya ini boleh aja den syarat sebagai berikut  : » Kalian harus tukeran link sama blog atau situs yang relevan. » Jan tukeran link sama blog ato situs yang kebanyakan outbond link. » Jan terima tukeran link dari email yang gak jelas. » Jan tukeran link sama blog yang isi halamanya iklan semua. » Jan sekali-kali tukeran link sama situs yang berbau pornografi atau pun judi. » Jan berlebihan kalian tukeran link, dijamin blog kalian bakal di hukum kalo ketauan om Google.

Backlink yang terbaik adalah one way link  yang artinya link yang masuk ke blog atau situs kalian tanpa harus kalian pasang link mereka. Peringatan keras dari saya, jan pernah sekali pun kalian beli backlink ntar kalian di hukum sama om Google .


5. Sosial Media

  
Setiap buat blog atau situs selalu pasang tombol berbagi ke sosial media ato share button . Fungsinya buat ngemudahin pengunjung berbagi postin kalian ke sosial media, kalo mereka share postin kalian secara otomatis postin kalian bakal nongol di akun sosial media mereka dan bakal di liatin sama temen2nya dan peluang besar buat temen2nya buat ngnjungin blog ato situs kalian . Cara buat share button melayang cek disini.

Jadi intinya buat ningkatin jumlah pengunjung. Selain itu kalian juga dapet backlink dari situs jejaring sosial yang gak perlu ditanya lagi PRnya berapa .


6. Tampilan Blog atau Situs 

 

Tips yang terakhir dari saya  adalah tampilan blog atau situs kalian. Buat tampilan yang simpel tapi menarik kalo bisa hindari pake flash karena bakal ngeberatin blog kalian. Buat navigasi blog yang gampang buat pengunjung, jadi mereka gak susah buat nemuin postin kalian.

Jan pasang banner iklan terlalu banyak karena bakal bikin pengunjung sebel, bayangin aja kalian yang berkunjung ke blog yang penuh sama banner iklan apa gak sebel ?

Sekian tips dari Kalian semoga bisa memberi inspirasi buat kalian para pemula yang mau optimisasi SEO, kalo kalian punya tips lain silahkan di share disini. Jan lupa berkomentar .

No comments:

Post a Comment